Kuliner demikian dahsyatnya hari ini dan jadi lifestyle

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dunia industri bakal berubah seiring bergesernya mindset pemuda saat ini. Karena perkembangan teknologi kian memancing hasrat pemuda untuk hidup mandiri, bahkan hal itu terus jadi trend. 

Ganjar mengisahkan ketika beberapa kali berbincang dengan pemuda, banyak dari mereka yang tidak lagi bercita-cita menjadi presiden, gubernur, tentara atau dokter. Namun mereka memilih jadi pengusaha, YouTubers atau bahkan chef (juru masak).

“Inilah disrupsi, tinggalkan logika urut kacang. Lakukan lompatan yang jauh. Dan pemuda-pemuda saat ini terus melakukan hal itu,” katanya, kepada ratusan siswa dan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Rabu . 

Para siswa dan mahasiswa tersebut tengah mengikuti lomba Student Food Creativity Competition XIII Tingkat Nasional dan Seminar Wirausaha yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Ganjar mengatakan para pemuda saat ini jarang yang memikirkan peluang usaha, namun mereka menciptakannya. Seperti yang dilakukan para siswa peserta lomba tersebut. 

Mereka berinovasi sedemikian rupa terhadap bahan-bahan makanan yang ada di sekitarnya dan mengubahnya jadi bernilai ekonomi lebih.

“Karena kuliner ini sebagian dari industri kreatif. Kuliner demikian dahsyatnya hari ini dan jadi lifestyle. Saya tertarik karena anak muda terjun ke industri kreatif. Ini jadi jalan. Apalagi semua produknya itu dari produk lokal,” beber gubernur.

Menurut Ganjar semua usaha kebanyakan dimulai dari bercanda dan coba-coba dan dari yang kecil-kecil. 

Orang nomor satu di Jateng ini mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pengusaha muda sepatu Yukka Herlanda, dan Ussy Sulistiawaty yang membuka rumah makan dan bisnis kecantikan.

“Tapi forum-forum seperti ini jangan hanya berhenti di ruang-ruang seperti ini. Harus diaplikasikan dan disebar melalui media sosial. Ini adalah keniscayaan dan ini adalah masa depan,” tegasnya.

Media sosial memang jadi senjata ampuh bagi perkembangan dunia industri. Hal itu sangat diakui oleh Ussy Sulistiawaty. 

Bahkan menurut artis berparas cantik itu bukan hanya dunia usaha, namun dalam dunia pemerintahan pun media sosial sangat mesti juga memanfaatkan hasil perkembangan teknologi itu.

“Pak Ganjar sangat paham itu. Memanfaatkan media sosial sangat melek pada kaum milenial. Dan itulah yang dibutuhkan,” katanya.