Muhaimin Iskandar hanya satu kali ikut rapat di DPR. Itu juga rapat perdana pimpinan DPR

Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar, mendapat sorotan. Sebab, sejak dilantik pada 1 Oktober 2019, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB itu baru satu kali hadir dalam rapat.

Muhaimin diketahui hanya hadir pada rapat perdana pimpinan DPR pada 1 Oktober. Namun, pria yang akrab disapa Cak Imin itu absen dalam rapat fraksi membahas ruang kerja dan rumah dinas pada 4 Oktober, serta rapat membahas alat kelengkapan dewan pada 7 Oktober.

Hal tersebut diakui Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar. Menurutnya, Cak Imin hanya hadir dalam rapat pertama saja.

"Ada, di rapat pimpinan pertama ada Pak Imin. Terus dua rapat belakangan sedang ada acara di Jawa Timur atau apa gitu," kata Indra di Jakarta, Selasa (8/10).

Ketua Fraksi PKB di DPR Cucun Ahmad Syamsurijal punya penjelasan terkait ketidakhadiran Cak Imin tersebut. Menurut dia, Cak Imin sekarang tengah fokus mengurus partai jelang Pilkada 2020, sehingga tak bisa hadir di Senayan.

"Beliau masih prepare dulu untuk di DPP, juga kan kemarin habis muktamar, kemudian SK segala macem, persiapan menghadapi pilkada, karena rapat-rapat di DPP jalan terus juga kita," kata Cucun di Jakarta, Selasa (8/10).

Sebelum menjadi Wakil Ketua DPR, Cak Imin juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR periode 2014-2019. Saat menjabat sebagai Wakil Ketua MPR, Cak Imin juga tampak jarang hadir di parlemen.

Menurut Cucun, setelah menjabat jadi Wakil Ketua DPR ini Cak Imin akan lebih rajin. Pasalnya, kata dia, DPR memiliki tugas dan fungsi yang jelas dibanding MPR.

"MPR kan tidak sesibuk DPR, kalau sekarang kan jelas fungsi Beliau di korkesra kan. Pasti yang membawahi komisi-komisi bidang kesra itu akan terus dipantau dan disikapi apa nanti pointer-poiter yang harus dilakukan bersama pimpinan AKD yang di Komisi di bawah Beliau," ungkap Cucun.

Karena itu, dia yakin Cak Imin akan lebih rajin lagi untuk berkantor di DPR. "Nanti pastilah akan sering," ucap Cucun.