Upaya banding yang diajukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas sengketa Stadion BMW melawan PT Buana Permata Hijau berhasil. Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara atau PT TUN memenangkan banding yang diajukan Pemprov DKI.

Kemenangan Pemprov DKI Jakarta itu tertuang dalam salinan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta (PTTUN) No. 231/B/2019/PT.TUN.JKT atas perkara banding terhadap putusan No. 282/G/2018/PTUN.JKT mengenai sengketa Stadion BMW. Salinan putusan itu telah diterima kantor hukum Denny Indrayana, Integrity Law Firm.

Denny Indrayana, selaku kuasa hukum Pemprov DKI Jakarta, mengatakan Majelis Hakim PTTUN dalam pertimbangannya sepakat dengan dalil yang disampaikan oleh kuasa hukum dan tim hukum Pemprov DKI Jakarta bahwa PT Buana Permata Hijau tidak memiliki kepentingan hukum dalam mengajukan gugatan pembatalan SHP lahan stadion BMW.

"Dengan begitu maka gugatan yang diajukan oleh PT Buana Permata Hijau patut untuk ditolak," ujar Denny Indrayana dalam keterangan tertulis yang diterima bizlaw.id.

Sebelumnya, PT Buana Permata Hijau mengajukan gugatan ke PTUN yang mempermasalahkan penerbitan Sertifikat Hak Pakai (SHP) lahan stadion BMW. Pada tingkat pertama, PT Buana Permata Hijau menang dalam gugatannya sehingga SHP lahan stadion BMW harus dibatalkan. Atas putusan tersebut, Pemprov DKI Jakarta mengajukan banding ke PTTUN.

Majelis Hakim PTTUN dalam pertimbangannya sepakat dengan dalil yang disampaikan oleh kuasa hukum dan tim hukum Pemprov DKI Jakarta bahwa PT Buana Permata Hijau tidak memiliki kepentingan hukum dalam mengajukan gugatan pembatalan SHP lahan stadion BMW, dengan begitu maka gugatan yang diajukan oleh PT Buana Permata Hijau patut untuk ditolak.

"Kami bersyukur atas putusan ini, karena memperlancar ikhtiar Pemprov DKI Jakarta membangun stadion berstandar dunia sebagai markas klub ibukota Persija Jakarta," ujar Denny.

Menurutnya, putusan ini juga menegaskan bahwa upaya pembangunan stadion BMW terbukti benar secara hukum. "Terlepas dari gangguan-gangguan yang berusaha menghalangi jalannya pembangunan," jelasnya.