Menerapkan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Produktifitas kemudian Jaringan

Adanya Pohludes ini tentunya di dasari oleh peraturan dari kementrian pertanian bahwa di setiap di desa ini dibuat post penyuluhan. Tujuan adanya Pohludes ini yaitu untuk memudahkan dalam proses penyuluhan di bidang pertanian, untuk peningkatan kemampuan petani dalam melaksanakan usaha pertaniannya. 

Pohludes ini hampir ada diseluruh desa yang ada di Jawa Barat, sesuai dengan ketentuannya.

Turut hadir dalam Jambore Pohludes dengan tema "mewujudkan petani milenial menuju Jawa Barat juara lahir batin" Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Hendi Jatnika Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Dirga Ardiansyah Head of Sourcing dari Sayurbox.com, Gunawan Zuardi CEO dari PT. Inovasi Telematika Nusantara, dan Irsan Rajamin CTO dari Habibi Garden di Orchid Forest, Cikole, Lembang Kabupaten Bandung Barat hari Selasa 24 September 2019.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan "Pohludes tidak ada honor yang tetap tidak ada gaji, tapi kami yakin dengan kebaikan dan niat yang ikhlas dari para petani, rezeki akan datang lebih dari yang dapat honor". 

"Bagi insan-insan petani sekarang memiliki tantangan yang sangat berat, tapi insya allah tantangan petani hari ini semua akan bisa di atasi karena Allah tidak akan memberikan tantangan dan kabeurat kecuali dengan kemampuannya." ujarnya.

Para petani sekarang mempunyai tantangan yang sangat berat, yang pertama yaitu masalah wilayah yang bagaimana lahan pertanian semakin menyempit. 

Di Jawa Barat hasil perhitungan dari Bapeda sekitar 11% lahan pertanian habis di pakai pembangunan, baik pembangunan perumahan, pembangunan pabrik ataupun pembangunan-pembangunan yang lain. 

Dirga Ardiansyah selaku Head of Sourcing dari Sayurbox.com mengatakan "Kita juga dapat amanah dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, bagaimana bisa mengoptimalkan petani-petani yang ada di Jawa Barat yang akhirnya bisa dapat akses pasar yang lebih baik."

Sekarang ini sudah saatnya para petani sudah sedikit naik kelas, bagaimana bisa menerapkan teknologi informasi untuk meningkatkan produktifitas, kemudian jaringan. Semua akan terdukung ketika akses pasar ataupun informasi pasar, sehingga pentinglah peran dari Pohludes itu sendiri.