Sebuah laporan mengejutkan dan bernilai investasi sangat tinggi kembali terjadi di pekan ini. Adalah perusahan raksasa jejaring media sosial, Facebook  yang melakukan langkah ambisius dan kejutan itu. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu dikabarkan telah membeli sebuah perusahaan teknologi yang canggih senilai $1 miliar atau setara dengan Rp14,1 triliun.

Adalah perusahaan rintisan CTRL-labs yang menjadi incaran Facebook untuk semakin mengukuhkan dominasinya di jagat teknologi. Perusahaan CTRL-labs sendiri adalah perusahaan teknologi  inovatif dan canggih yang mampu membuat  otak manusia untuk mengontrol perangkat komputernya.

Ambisi Facebook nampaknya tak dapat ditahan dengan membeli perusahaan canggih tersebut untuk semakin menancapkan kukunya di dunia internet.  Laporan lebih jauh menyebutkan, CTRL-labs yang didirikan oleh Thomas Reardon dan Patrick Kaifosh pada tahun 2015. Kedua pendiri CTRL-labs tersebut adalah peraih gelar PhD  untuk bidang Neuroscience di Columbia  University.

Langkah akuisisi yang berani oleh Facebook kali ini terjadi di tengah sorotan bahwa otoritas AS sedang menggelar penyelidikan atas pelanggaran anti-trust yang salah satunya menyasar Facebook.

Serangkaian langkah dan ambisi Facebook dalam beberapa bulan terakhir terlihat sangat mengejutkan dan memantik kekhawatiran banyak pihak. Catatan menunjukkan, Facebook yang sebelumnya juga berniat meluncurkan mata uang digitalnya yang diberi nama Libra.

Namun sejumlah otoritas di Eropa dan AS telah dengan tegas menolak langkah tersebut.