Dalam pertemuannya mereka membicarakan beberapa hal salah satunya tentang kriteria kabinet kerja selanjutnya.

Ada pesan penting dari Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif untuk Presiden Joko Widodo. Isinya, Jokowi diminta membentuk kabinet yang membuat kacau pemerintah.

Pesan itu disampaikan Buya Maarif di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (19/9) saat bertemu Jokowi. Dalam pertemuannya mereka membicarakan beberapa hal salah satunya Buya menyampaikan pendapatnya tentang kriteria kabinet kerja selanjutnya.

"Soal menteri, pilih kabinet yang bagus, yang betul-betul. Dari partai juga boleh, tapi orang yang profesional, punya integritas. Itu aja," kata Buya usai bertemu Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (19/9).

Dia menjelaskan, Jokowi tahu mana kriteria yang baik. Namun dia berharap kabinet selanjutnya bisa setia dengan Jokowi dan jangan membuat pemerintahan jadi kacau.

"Presidennya tahu, jadi ada persoalan integritas, kompetensi, profesionalisme. Boleh dari partai, enggak apa-apa. Tapi yang setia kepada presiden. Jangan yang bikin kacau," ungkap Buya.

Diketahui sebelumnya kabinet Pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama bakal segera berakhir. Jokowi dan Ma'ruf Amin bakal dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober nanti. Kabinet baru pun bakal dibentuk Jokowi-Amin.