Sebelum panen bintang 1 di Google Play Store, aplikasi media Nasional ini sempat melambung dengan review bintang 5 dari pengguna

Sampul Majalah Tempo yang menampilkan karikatur Presiden Joko Widodo dan Pinokio membuat heboh. Tagar #pinokio pun menjadi trending di dunia maya.

Dalam sampul berwarna dasar abu-abu itu tertulis Janji Tinggal Janji dengan keterangan yang mempertanyakan bahwa presiden ingkar janji perihal penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Imbas dari karikatur itu, aplikasi Tempo di Google Play Store dan App Store langsung diserbu warganet. Mereka langsung memberi penilaian bintang 1 untuk Tempo.

Baca Juga: Karikatur Jokowi dan Pinokio Heboh, Ini Penjelasan Tempo

Sebelum panen bintang 1 di Google Play Store, aplikasi media Nasional ini sempat melambung dengan review bintang 5 dari pengguna.

Sayangnya, beberapa minggu berselang hingga sampul majalahnya viral di media sosial. Aplikasi media Nasional ini langsung panen bintang 1 dari penggunanya. Banyak yang menganggap jika media ini telah melecehkan kepala negara.

"Melecehkan kepala negara melalui karikatur yang jauh dari etika," tulis salah satu pengguna pada Senin (16/9/2019).

Di App Store, aplikasi media Nasional ini juga mendapat review jelek dan bintang 1 dari netizen yang menganggap bahwa sampul majalah ini telah menghina simbol negara.

"Gambar cover edisi 14 September 2019 telah menghina Presiden RI sebagai simbol negara," tulis salah satu pengguna App Store.

Hingga artikel ini dibuat, aplikasi media Nasional yang menyamakan Jokowi dan Pinokio ini di Google Play Store memiliki rating 4.3, sedangkan di App Store, aplikasi ini mendapat rating 2.3. 

Terkait karikatur di Tempo, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya tak akan tinggal diam menanggapi serangan terhadap Presiden Jokowi.

"Kami mengkritik keras mereka-mereka yang menggunakan hal (penghinaan) tersebut sebagai upaya mendiskreditkan Presiden," kata Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (16/9).

Baca Juga:  Cover Gambar Jokowi-Pinokio, Sekjen PDIP Protes

Hasto angkat bicara soal polemik KPK tersebut karena ada pihak tertentu yang menyerang Presiden Jokowi secara pribadi. "Saya mendapat informasi soal adanya media massa tertentu yang secara kurang etis menampilkan karikatur bergambar Jokowi dan pinokio. Dari aspek etika tidak memenuhi ketentuan sopan-santun," ujar Hasto.