BJ Habibie menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto sejak 1 September 2019

Seluruh keluarga besar Presiden ke-3 RI, BJ Habibie sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019)

"Kondisinya seperti kemarin lagi. Semua keluarga sudah dipanggil terutama anak-anak beliau, sudah di tempat," kata keponakan BJ Habibie, Rusli Habibie, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Baik Mas Ilham, Mas Thareq sudah ada. Kakak dan adiknya sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah dikumpulin tadi," kata Gubernur Gorontalo ini.

Rusli menyampaikan, seluruh keluarga dekat bisa langsung masuk ke dalam ruang perawatan karena sudah diperbolehkan dokter. "Saya minta semua rakyat Indonesia untuk doakan kesehatan beliau. Tadi juga Pak Akbar Tandjung (mantan Ketua DPR) pimpin doa. Ada keluarga yang lagi mengaji. Keluarga sudah kumpul semua," ucap Rusli.

BJ Habibie menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto sejak 1 September 2019. Saat ini, BJ Habibie dirawat di ruangan Cerebro Intensive Care Unit (CICU), Paviliun Kartika.

Sebelumnya, Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr Azis Rani dalam keterangan resmi menyatakan, BJ Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

"Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi," ujar dr Azis Rani.

Terkait kondisi saat ini, dr Azis Rani mengatakan, BJ Habibie masih berada dalam pengawasan ketat dan harus banyak beristirahat. "Mohon doa dari semua pihak agar beliau segera diberikan kesembuhan dan kesehatan sehingga dapat beraktivitas kembali," imbuh dia.

Anak bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie, sebelumnya memastikan kondisi ayahnya sudah semakin membaik. Ia pun meminta masyarakat Indonesia mendoakan ayahnya agar kembali pulih.

"Mohon maaf tidak bisa keluarkan detail apapun (soal penyakit Habibie). Jangan khawatir, Bapak tidak meninggal dan malah sudah membaik kondisinya," kata Thareq di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (10/9).