Sosok yang memblokir rekening milik Denny adalah pegawai BRI bernama Puput Kesuma

Kasus unik terjadi di Solo Jawa Tengah. Denny Setiawan, anggota Satresnarkoba Polresta setempat melayangkan gugatan ke Bank Rakyat Indonesia. Dia mengaku rekeningnya diblokir bank pelat merah itu tanpa pemberitahuan.

Dalam gugatannya, Denny meminta BRI Cabang Jalan Slamet Riyadi Kota Solo membayar ganti rugi secara imaterial sebesar Rp1 miliar. Tak hanya itu, dia juga menggugat secara material senilai Rp10 juta.

Sidang perdana kasus ini digelar di Pengadilan Negeri Kota Solo, Selasa (10/9). Dalam sidang, terungkap fakta mengejutkan.

Sosok yang memblokir rekening milik Denny adalah pegawai BRI bernama Puput Kesuma. Dia tak lain adalah istri Deny sendiri. Artinya, yang memblokir rekening Deny adalah istrinya sendiri.

Dikutip dari Solopos.com, kuasa hukum Denny Setiawan, Heroe Setiyanto, mengatakan dalam jawaban BRI, oknum pegawai yang diduga memblokir akan bertanggungjawab atas perbuatan sepihak itu. Menurutnya, seharusnya pertanggungjawaban dilakukan BRI, bukan oknum pegawai itu.

“Dalam jawaban Bank BRI ternyata yang memblokir rekening Denny Setiawan itu istrinya, Puput Kusuma. Kami tidak bisa menerima ulah salah seorang karyawan menjadi tanggung jawab pribadi, harusnya tetap jadi tanggung jawab instansi," jelas Heroe.

Heroe melanjutkan, BRI meminta perincian terkait gugatan imaterial kliennya, namun imaterial sifatnya abstrak sehingga tidak bisa diperinci. Selain itu, setiap orang imaterialnya berbeda-beda.

Heroe mencontohkan, kliennya yang merupakan anggota Polri dan punya tanggung jawab kepada masyarakat.

Tak hanya itu, akibat pemblokiran rekening itu, Denny sudah 4 bulan ini tak bisa mengambil gajinya.

"Saat memblokir, istri Denny Setiawan menjabat sebagai Pejabat Sementara Kepala Unit Kerja Bank BRI Ngesrep, Ngemplak, Boyolali,” ujar Heroe.

Dalam agenda sidang jawaban tergugat pada Selasa (27/8/2019) lalu, disepakati jawaban tergugat tidak dibacakan karena tergugat telah mengetahui pegawai yang memblokir rekening Denny Setiawan dan akan bertanggung jawab.

Sementara itu, Account Officer Bank BRI Solo, Belinda, yang mewakili dalam persidangan itu enggan berkomentar terkait replik penggugat. Menurutnya, hasil sidang akan diserahkan ke tim yang menangani persoalan itu.  

“Saya hanya mewakili, hasilnya akan saya serahkan ke manajemen jadi saya tidak bisa menjawab,” ujarnya.