Peluncuran iPhone 11 series digelar di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/9) atau Rabu (11/9/2019) dini hari WIB.

Apple resmi meluncurkan trio iPhone anyarnya. Tiga produk itu yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max Pro.

Peluncuran digelar di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/9) atau Rabu (11/9/2019) dini hari WIB.

Yuk kenalan dengan trisula maut iPhone anyar ini:

iPhone 11

iPhone 11 merupakan penerus dari iPhone XR. iPhone hadir dengan layar 6,1 inci Retina Display dengan desain yang hampir mirip.

Apple membuat varian warna baru yakni yaitu purple, white, green, yellow, black, and red. Sebagian warna ini memang sudah hadir sejak seri iPhone 5c hingga iPhone XR. Namun, Apple membawa warna ungu dan hijau tosca dalam jajaran ponsel anyarnya.

Peningkatan pertama terjadi dari sisi cipset. Kali ini, iPhone menggunakan cipset A13 Bionik dengan fabrikasi 7 nm. Diklaim sebagai CPU dan GPU tercepat di ponsel pintar.

iPhone 11 juga memiliki IP68 yang menandakan ketahanan air hingga 2 meter dalam waktu 30 menit.

Peningkatan juga berada dari sisi kamera. iPhone 11 dibekali dengan dual kamera 12 MP wide angle dan 12 MP ultra-wide camera yang mendukung 12x optical zoom.

Seolah menantang vendor ponsel pintar lain, iPhone teranyar disematkan fitur night mode. Kamera depan kini juga bisa merekam secara slow motion.

Antarmuka kamera juga ditingkatkan, pengguna bisa melihat diluar frame kamera di layar. Sehingga pengguna bisa melihat atau membandingkan hasil foto wide dengan ultra wide.

Baterai ponsel juga diklaim 1 jam lebih tahan lama dibandingkan iPhone XR. Ponsel dibanderol mulai dari harga US$699 atau setara dengan Rp9,8 juta.

iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

Jajaran iPhone 11 juga memiliki skema yang sama dengan model tahun lalu. Jika tahun lalu Apple membawa iPhone Xs dan Xs Max sebagai varian termahalnya. Kali ini, Apple menyediakan varian Pro dan Pro Max.

iPhone Pro dan iPhone Pro Max hadir dengan tambahan kamera ketiga. iPhone 11 Pro memiliki layar  OLED 5,8 inci, sedangkan iPhone 11 Pro Max memiliki layar 6,5 inci.

Kamera ketiga ini adalah kamera ultra wide angle 12 MP dengan sudut pandang 120 derajat. Dua kamera lainnya adalah 12 MP Wide Camera dan 12 MP Telephoto Camera.

Layar OLED memiliki tingkat kecerahan 1.200 nit, 2 juta: 1 contrast ratio dan 15 persen efisiensi energi. Apple menyebutnya sebgai Super Retina XDR display dan diklaim sebagai layar tertangguh di antara ponsel pintar.

Masih dari sisi fotografi, Apple juga menawarkan fitur komputerisasi fotografi yang disebut 'Deep Fusion'. Fitur ini menghasilkan foto yang menggabungkan sembilan gambar melalui machine learning.

Kedua ponsel dibekali dengan cipset A13 Bionic. iPhone 11 Pro diklaim empat jam lebih tahan lama  dibandingkan XS. Sedangkan iPhone 11 Pro Max diklaim lima jam lebih tahan lama dibandingkan XS Max.

Kedua ponsel dibekali dengan adaptor pengisian super cepat 18 watt. Sayangnya Apple tidak menyebutkan kecepatan pengisian daya baterai. Maupun besaran daya baterai yang disediakan.

Ponsel hadir dengan warna midnight green, space gray, silver, dan gold dengan sentuhan warna matte pada bagian punggung ponsel.

iPhone 11 Pro dibanderol mulai harga US$999 atau setara dengan Rp14 juta sedangkan iPhone 11 Pro Max dibanderol dengan harga mulai US$1099 atau setara dengan Rp15,4 juta.