Daniel Zhang bukanlah orang baru di Alibaba. Dia adalah CEO Alibaba.

Jack Ma resmi mengundurkan diri sebagai Chairmain Alibaba Group mulai hari ini, Selasa (10/9/2019). Posisinya akan diisi Daniel Zhang.

Siapa Daniel Zhang?

Dikutip dari berbagai sumber, Daniel Zhang bukanlah orang baru di Alibaba. Dia adalah CEO Alibaba.

Daniel mulai berkiprah di Alibaba sejak 2007 sebagai chief financial officer (CFO) di Taobao, anak perusahaan Alibaba. Setahun berlalu, dia dipercaya sebagai Chief Operating Officer Taobao Marketplace dan General Manager Taobao Mall.

Di bawah kepemimpinannya, Taobao Mall berkembang pesat dan menjadi salah satu bisnis terpenting Alibaba Group. Sosoknya pula yang menjadi kunci festival belanja online terbesar di dunia 11.11 atau dikenal sebagai Single Day.

Karier Daniel kemudian melesat. Sejumlah posisi puncak managerial pernah didudukinya. Hingga Mei 2015, pria kelahiran Shanghai ini dipercaya menjadi CEO Alibaba Group. Di tangannya, Alibaba makin menggurita.

"Alibaba telah mengalami pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 kuartal berturut-turut," ujar Jack Ma menilai kepemimpinan Daniel, seperti dilansir dari South China Morning Post.

"Pikiran analitisnya tak tertandingi, dia memegang misi dan visi kami, dia memeluk tanggung jawab dengan semangat, dan dia memiliki keberanian untuk berinovasi dan menguji model bisnis kreatif," imbuhnya.

Di bawah kepemimpinannya, Alibaba kini memiliki valuasi US$ 420,9 miliar dan merupakan perusahaan paling berharga di Asia. Tetapi Daniel bertekad untuk tidak membiarkan harga saham perusahaan mempengaruhi bagaimana Alibaba menjalankan bisnisnya.

Daniel kini fokus membawa Alibaba ke strategi ritel baru dan memperluas pasar hingga ke luar negeri.

Sosok Rendah Hati

Di antara 86 ribu karyawan Alibaba Group, sosok Daniel Zhang tidak dikenal dengan nama Daniel, Zhang ataupun bos. Dia punya julukan Xiaoyaozi yang berarti bebas dan tidak terkekang.

Daniel pun dikenal sebagai sosok pemimpin yang penuh energi. Namun yang paling mengesankan, pria lulusan Universitas Shanghai ini dinilai rendah hati.

"Saya telah bekerja erat dengan Daniel sejak 2007 ketika ia pertama kali bergabung dengan kami sebagai kepala keuangan Taobao," kata Joseph Tsai, Executive Vice-Chairman Alibaba.

"Dia cerdas dan energi, saya hampir tidak bisa ikuti dia. Tapi dia sangat perhatian dan kerendahan hatinya yang paling mengesankan sebagai seorang pemimpin," pujinya.

Sejumlah perubahan pastinya akan terjadi saat pergantian kepemimpinan Alibaba dari sosok Jack Ma yang ikonik ke Daniel Zhang yang terlihat lebih kalem. Menarik menantikan bagaimana Alibaba di bawah kepemimpinannya nanti.