Hary Tanoe dan DonaldTrump dikenal sebagai pengusaha sukses dengan bisnis yang tersebar di mana-mana

Kedekatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo sudah bukan rahasia lagi. Bahkan kini mereka sedang merancang sebuah proyek di Bali dan Lido dengan nilai investasi mencapai US$1,7 miliar atau sekitar Rp24 triliun.

Pembangunan mega proyek itu pun ditunjukkan saat Donald Trump Jr datang ke Indonesia. Kedatangan putra sulung Presiden Trump itu untuk mengumumkan proyek bernilai Rp24 triliun itu.

Trump Jr bilang, kedua proyek di Bali dan Lido merupakan bagian dari sejumlah proyek yang telah didaftarkan Trump Organization sebelum ayahnya dilantik menjadi presiden negara Paman Sam. Sementara resort di dua lokasi itu akan dikembangkan secara bertahap dalam waktu tiga tahun.

Baik Hary Tanoe maupun Trump dikenal sebagai pengusaha sukses dengan bisnis yang tersebar di mana-mana. Namun, siapa yang paling tajir, Haru Tanoe atau Donald Trump.

Berikut datanya dari Forbes:

Hary Tanoe
Berdasarkan data Forbes terbaru, Hary Tanoe mengantongi kekayaan sebesar US$1,1 miliar atau sekitar Rp15 triliun. Hal itu membuat namanya berada di urutan ke-20 orang terkaya di Indonesia. Bahkan, pria 52 tahun itu merupakan miliarder termuda dari Indonesia dalam daftar Forbes.  

Kekayaan pria yang akrab dengan panggilan HT itu didapat dari kerajaan bisnisnya yang menggurita. Grup MNC yang memiliki tiga bisnis utama: media, jasa keuangan dan properti menjadi kontributor kekayaannya.

Dia merajai bisnis media di Tanah Air. Melalui MNC media, HT punya RCTI TV, MNC TV, Global TV, iNews TV, radio, tiga media online, koran dan sejumlah majalah nasional. Dia juga memiliki banyak saluran tv lokal dan beberapa televisi berlangganan.  

Sementara melalui MNC Kapital Indonesia, HT punya bank, perusahaan leasing, sekuritas, asuransi hingga manajer investasi. Di sektor properti, melalui MNC Land, proyek bersama Trump merupakan segelintir proyek yang tengah dikerjakan. HT baru-baru ini juga membeli rumah mewah milik Donal Trump di Beverly Hills, Los Angeles senilai Rp193 miliar.    

Donald Trump
Sementara itu, Donald Trump memiliki kekayaan lebih banyak dibanding Hary Tanoe. Dalam daftar Forbes, Trump tercatat memiliki kekayaan senilai US$3,1 miliar atau sekitar Rp43,8 triliun. Peringkatnya naik dari posisi 766 ke 715 sebagai orang paling tajir di bumi.

Kekayaan pengusaha 73 tahun ini didapat dari warisan perusahaan real estate milik ayahnya, Elizabeth Trump & Son. Dalam perjalanannya, dia mengubah nama persahaan itu menjadi Trump Organization, yang bergerak di bisnis real estate dan properti. Bisnisnya kemudian merambah ke bidang kuliner.

Tak cuma itu, Trump juga mendapatkan penghasilan dari sejumlah aset yang dimilikinya, seperti Trump Tower, lapangan golf dan kasino. Bahkan, lelang namanya ke sejumlah perusahaan, seperti restoran, label fesyen dan sebagainya termasuk investasi saham menambah pundi-pundi kekayaannya.