Jokowi mengatakan kabinet dapat diumumkan sebelum waktu pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Oktober mendatang

Presiden Joko Widodo memastikan Kabinet Kerja Jilid II sudah selesai disusun. Dia pun berjanji akan segera mengumumkan jajaran menteri kabinet periode 2019-2024.

"Sudah siap dan bisa segera saya umumkan," kata Jokowi dalam pertemuan dengan sejumlah pimpinan media massa di Istana Negara, Rabu (14/8/2019).

Meski demikian, Jokowi tidak merinci apakah pengumuman tersebut akan dilaksanakan sebelum atau sesudah pelantikan. "Sebelum atau sesudah (pelantikan) tidak masalah. Ini bentuknya reshuffle kabinet biasa," kata Jokowi.

Jokowi hanya memastikan, formasi susunan kabinet kerja periode 2019-2024 akan mengalami perombakan melalui nomenklatur. Meski demikian kursi kabinet diperkirakan tetap sama seperti saat ini, yakni 34 kementerian.

Salah satu perubahan adalah Jokowi akan membentuk kementerian yang fokus menangani investasi. "Secara jumlah bisa sama tapi ada kementerian yang dilebur. Misal menlu juga handle diplomasi ekonomi. Ada juga Kementerian Investasi, akan konsentrasi di digital dan kreatif," jelasnya.

Jokowi mengatakan kabinet dapat diumumkan sebelum waktu pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Oktober mendatang. "Kabinet bisa diumumkan kapan saja, enggak perlu nunggu Oktober," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, susunan kabinet untuk periode kedua ini telah final. "Nama kabinet sudah final," katanya.

Ia sebelumnya memastikan jumlah kementerian dalam kabinet periode kedua nanti sama dengan periode pertama yakni 34 orang. Dengan demikian, tidak ada pengurangan atau penamabhan nomenklatur kementerian. "Jumlahnya menteri 34," ucap Jokowi pada awal Agustus lalu.