Pelemahan Yuan telah semakin meroketkan Yen untuk semakin melonjakkan beban dan nilai pinjaman asal Jepang bagi Indonesia.

Kemerosotan nilai tukar mata uang China, Yuan akhirnya kembali berlanjut dalam mengawali sesi perdagangan pekan ini, Senin (12/8).  Pantauan terkini menunjukkan, nilai tukar Yuan terhadap Dolar AS yang bertengger di kisaran 7,0613, di mana Yuan telah cukup konsisten menapak di atas level psikologis pentingnya di 7,0 dalam beberapa hari sesi perdagangan terakhir.

Kemerosotan Yuan yang terlalu cepat dan sangat tajam pada pekan lalu, telah memantik kecurigaan investor bahwa otoritas China dengan sengaja melemahkan Yuan guna mengikis imbas penaikkan tarif masuk yang diberlakukan Trump. Kecurigaan investor tersebut kemudian seakan mendapatkan konfirmasi dari langkah bank sentral  China, PBoC yang  kemudian secara konsisten mematok titik  tengah krus Yuan di atas kisaran 7,0 dalam beberapa hari sesi perdagangan terakhir secara beruntun.

Imbas lanjutan dari ulah China melalui  PBoC tersebut tentu harus ditanggung pasar valuta global, di mana perang dagang yang memanas akan semakin tak terkendali untuk memukul kinerja perekonomian global. Mata uang teraman seperti Yen Jepang kini harus bersiap sedih karena semakin melonjak tak tertahankan.

Pantauan terkini menunjukjkan, nilai tkar Yen terhadap DlarAS yang telah kembali di kisaram 105,47 setelah menguat 0,17%. Penguatan Yen yang berlanjut adalah kabar miring bagi pemerintahan Jepang yang harus bergulat dengan kemandekan ekonomi domestiknya. Sektor manufaktur berorientasi ekspor Jepang kini harus kembali bergulat dengan kesulitan bersaing di pasar internasional.

Imbas berikutnya, adalah bagi Indonesia, di mana penguatan Yen akan menjadi beban sulit karena jumlah utang dari pinjaman Jepang kini harus turut meningkat.  Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang didanai Jepang kini harus bersiap untuk mengalami lonjakan beban akibat melonjaknya nilai tukar Yen.

Ulah China yang meruntuhkan Yuan kali ini, nampaknya pemerintahan Jokowi harus turut kecipratan situasi sulit. Grafik harian terkini nilai tukar Yen terhadap DolarAS (USDJPY)  berikut ini menunjukkan betapa seriusnya penguatan Yen bagi Indonesia: