Jokowi membantah bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan tidak terencana dengan matang.
Menakar Visi Ekonomi Capres 2019 

Jokowi membantah bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan tidak terencana dengan matang.

ARDI ALI | Selasa, 16 April 2019 - 12:50 WIB

ISU ekonomi yang diusung dua pasangan calon capres-cawapres ramai dibahas. Dalam debat terakhir Pilpres 2019 yang digelar pada Sabtu malam, 13 April 2019, topik ini memicu perdebatan seru. Tema yang diangkat adalah tentang ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta perdagangan dan industri.

Saat debat dibuka, capres Prabowo Subianto dan wakilnya Sandiaga Uno mendapat kesempatan bicara pertama kali. Prabowo memulainya dengan mengatakan bangsa Indonesia saat ini tak berjalan di atas landasan yang diharapkan masyarakat.

"Kita sekarang dan sudah berjalan lama berada dalam arah yang salah, ini kalau diteruskan tak akan memungkinkan membawa kesejahteraan bagi bangsa Indonesia," kata Prabowo.

Dia mengatakan, apa yang dilakukan pemerintah saat ini telah menyimpang dari cita-cita pendiri bangsa serta apa yang diperintahkan UUD 1945.

"Sangat jelas bahwa kita tak bisa membiarkan kekayaan nasional mengalir keluar negeri, yang diakui pemerintah sekarang, kekayaan mengalir ke luar negeri atau lebih banyak uang di luar daripada di dalam negeri," ujar Prabowo.


Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Selain itu, Prabowo mengatakan saat ini telah terjadi deindustrialisasi. 

“Telah terjadi deindustrialisasi, sekarang bangsa Indonesia tidak produksi apa-apa. Kita hanya bisa menerima bahan produksi dari bangsa lain. ini keliru, ini harus diubah. Prabowo Sandi mempunyai strategi untuk mengubahnya,” kata Prabowo tanpa menjabarkan  strategi dimaksud

Sementara itu, Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menambahkan, dari suara yang didengar saat berkampanye, pihaknya menilai pertumbuhan ekonomi lima persen yang disebutkan pemerintah tak berdampak di kalangan bawah.

"Kami merasa ekonomi harus bertumbuh, lapangan kerja ada, dan memastikan harga bahan pokok terjangkau, sehingga tak membebani masyarakat," ujar Sandi.

Dijelaskannya, dari hasil kunjungan ke 1.500 titik Indonesia, banyak ibu-ibu rumah tangga yang mengeluhkan tingginya sejumlah harga bahan pokok. Bahkan Sandi menyebutkan salah satu nama ibu-ibu rumah tangga yang pernah berbincang dengannya, yakni Nurjanah.

"Kami melihat dan mendengar langsung dari masyarakat bahwa kita perlu kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas," tegasnya.

"Sekarang kami sebut pertumbuhan ekonomi jebakan 5 persen dikeluhkan ibu Nurjanah di Langkat, Sumatera Utara. Ibu itu katakan sekarang pembeli yang datang ke tokonya sepi," tambah Sandiaga.


Jokowi-Ma'ruf Amin

Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi yang mendapat kesempatan berikutnya mengatakan akan mewujudkan pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia. 

Jokowi menjelaskan, selama 4,5 tahun dirinya dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah berusaha keras untuk mengembalikan watak asli dari pembangunan di Indonesia yaitu tidak hanya bertumpu pada pertumbuhan ekonomi semata tetapi juga pemerataan.

"Karena pertumbuhan ekonomi tanpa pemerataan menimbulkan ketimpangan. Antara kaya dan miskin, dan ketimpangan antar wilayah yang menyebabkan ketidakadilan," kata Jokowi. 

Oleh sebab itu selama ini pemerintah membangun infrasturktur tidak hanya di Jawa atau Jawa sentris saja tetapi Indonesia sentris. Dengan pembangunan infrasturktur tersebut titik-titik pertumbuhan ekonomi baru bakal tumbuh di luar Jawa baik melalui kawasan industri kecil, kawasan ekonomi khusus dan kawasan pariwisata.

"Kami juga akan memperjuangkan kemandirian ekomopmi Indonesia," kata dia.

Jokowi menyatakan, 4,5 tahun memimpin bangsa Indonesia bersama Jusuf Kalla, telah berusaha mengembalikan watak asli pembangunan Indonesia. Yakni dengan tidak lagi bertumpu pada pembangunan ekonomi semata tapi pada pemerataan.

Untuk mewujudkan itu, Jokowi menyatakan sumber daya alam strategis harus dikuasai negara. Dia mencontohkan Blok Mahakam, Blok Rokan hingga Freeport yang telah diambil alih negara lewat BUMN. 

"Kemandirian sangat penting. ekonomi yang adil bisa kesejarahteraan bisa diwujudkan," ujarnya.

Di bidang kesejahteraan sosial, Jokowi menyatakan sudah menyiapkan jurus kartu. Yaitu Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Kartu Prakerja, dan Kartu Sembako Murah.

"Ibu-ibu bisa membeli sembako yang sudah di diskon," pungkasnya.

Menaggapi pernyataan Prabowo tentang ekonomi Indonesia salah arah, Jokowi mengatakan dalam hal ekonomi, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu pengelolaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.

"Pengeloalan ekonomi makro adalah agregat produksi sektor primer seperti pertanian, pertambangan dan perkebunan. Pengelolaan ekonomi makro ini saya kira tak semudah membalikkan tangan," kata Jokowi. 

Jokowi membantah bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan tidak terencana dengan matang. Menurutnya pembangunan infastruktur ini adalah tahap awal dalam pembangunan ekonomi makro tersebut.

Tahap kedua dalam pembangunan ekonomi makro kali ini yaitu pembangunan sumber daya manusia (SDM), tahap ke tiga adalah reformasi struktural dan tahap ke empat pengembangan teknologi dan informasi.

"Di tahap awal, soal infratruktur ini, akan terhubung dengan kawasan indstri, kawasan pariwisata, dan sebagainya, jadi tidak mungkin langsung seperti membalikan tangan," kata Jokowi.[]

Tingkat kemiskinan di kalangan penduduk pedesaan turun menjadi 3,1 persen tahun lalu dari 97,5 persen 40 tahun lalu.
Ketika Prabowo Minta Jokowi Tiru China, Begini Cara China Dibangun dalam 40 Tahun 

Tingkat kemiskinan di kalangan penduduk pedesaan turun menjadi 3,1 persen tahun lalu dari 97,5 persen 40 tahun lalu.

ARDI ALI | Minggu, 14 April 2019 - 20:50 WIB

MESKI sering mendengungkan anti-asing, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, ternyata salah satu pengagum China dalam hal kemajuan yang dicapai negara yang menerapkan ideologi komunis itu. 

Dalam debat capres terakhir yang berlangsung pada Sabtu malam,  13 April 2019, Prabowo juga meminta Joko Widodo mencontoh Republik Rakyat China. 

"Saya terus terang saja tidak menyalahkan Pak Jokowi, ini kesalahan semuanya, kita harus berani memperbaiki diri, kita harus contoh Republik Rakyat Tiongkok, dalam 40 tahun menghilangkan kemiskinan, kita harus mencontoh yang benar," kata Prabowo. 

Pernyataan ini muncul ketika Prabowo menanggapi pernyataan Jokowi. Dalam adu gagasan ini, Jokowi mendapat pertanyaan dari moderator debat soal strategi apa yang akan dilakukan untuk menjaga komoditas perikanan dan pertanian sehingga sektor tersebut menarik bagi milenial.

Menjawab pertanyaan itu, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia sudah terlalu lama mengekspor bahan mentah seperti karet. Sehingga, Jokowi mengatakan akan menggalakan hilirisasi agar Indonesia akan mengekspor bahan-bahan yang sudah diolah sehingga memiliki nilai tambah.

"Minimal barang yang diekspor setengah jadi," kata Jokowi. Jokowi pun ingin menggalakan digitalisasi ekonomi.

Prabowo tak merinci lebih jauh bagian mana yang harus ditiru dari China. Namun, Bizlaw.id baru-baru menurunkan laporan tentang bagaimana China dibangun dalam 40 tahun terakhir. 

Berikut laporan tersebut. 

***

Desember 2018 lalu, China merayakan hari jadi peringatan ke-40 kebijakan "reformasi dan keterbukaan" transformatif, yang mengubah negara dunia yang paling padat penduduknya menjadi raksasa ekonomi yang kini menghadapi pertumbuhan melambat dan menjadi pesaing ketat AS.

Gagasan pemimpin terpenting Deng Xiaoping, program itu diratifikasi pada konklaf Partai Komunis pada 18 Desember 1978, mengubah kebijakan pendahulunya, Ketua Mao Zedong.

Reformasi meninggalkan kolektivisasi gaya Maois yang membuat negara itu miskin dan terbelakang, meluncurkan era baru yang menyebabkan pertumbuhan tahunan dua digit yang menarik jutaan orang keluar dari kemiskinan dan mengubah China menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia.

China kini menawarkan miliarder dolar terbanyak di dunia dengan jumlah 620 orang, menurut penerbit majalah yang berbasis di Shanghai, Hurun Report.

Tetapi transformasi ekonomi tidak membawa perubahan pada sistem politik yang dikendalikan Partai Komunis, pihak berwenang menindak keras protes Tiananmen pada 1989 dan aktivis mengeluhkan pelanggaran hak asasi manusia dalam beberapa tahun terakhir.

"Reformasi dan keterbukaan membiarkan Partai Komunis mempertahankan kediktatorannya dan membiarkannya mempertahankan kekuasaannya dari keruntuhannya setelah Perang Dingin dan bertahan," kata analis politik yang berbasis di Beijing Wu Qiang kepada AFP.

"Saya pikir China sekarang adalah kapitalisme negara di bawah kediktatoran satu partai, atau kapitalisme yang dijalankan partai," katanya.

Presiden Xi Jinping - yang telah menjadi pemimpin paling berkuasa di negara itu setelah Mao dan memastikan tahun ini sebagai jalan yang potensial untuk berkuasa seumur hidup - akan menyampaikan pidato untuk memperingati hari peringatan di Great Hall of the People yang megah di Lapangan Tiananmen Beijing.

Peringatan itu datang karena China terkunci dalam perang dagang dengan Amerika Serikat di mana kedua belah pihak telah berperang tarif dengan ratusan miliar dolar.

Dua negara itu sepakat gencatan senjata 90-hari ketika mereka berusaha bernegosiasi solusi, dengan Amerika Serikat mencari pengurangan defisit perdagangan besar-besaran serta reformasi yang lebih dalam di China untuk menghentikan dugaan pencurian kekayaan intelektual.

China juga menghadapi gunung utang dan ekonomi yang melambat, yang tumbuh 6,9 persen tahun lalu dan diperkirakan oleh pemerintah akan melambat menjadi sekitar 6,5 persen tahun ini.

Reformasi kedua?

Wu mengatakan perang perdagangan bisa menjadi peluang bagi China untuk memberlakukan lebih banyak perubahan.

"Jika Partai Komunis cukup pintar, ia dapat mengubahnya menjadi titik awal reformasi kedua dan membuka serta mengubah peran partai dan negara," kata Wu.

Ketika partai itu memberlakukan reformasi, China masih menderita kelaparan dan muncul dari Revolusi Kebudayaan, masa pergolakan sosial dan politik yang intens yang dilancarkan oleh Mao.

"Revolusi" baru ini dimulai di pedesaan, di mana pihak berwenang mulai de-collectivise tanah dan membongkar komune, tetapi dengan cepat menyebar ke kota-kota.

Waspada terhadap basis kekuatan lawan di Shanghai yang secara ekonomis sangat kuat, Deng memilih negara bagian selatan yang ekstrim sebagai kelinci percobaan untuk reformasinya.

Kota-kota selatan termasuk Shenzhen, yang berbatasan dengan Hong Kong dan masih merupakan desa nelayan, ditetapkan sebagai Zona Ekonomi Khusus pertama China yang menjadi pusat kekuatan dan model bagi bagian lain negara itu.

Shenzhen telah menjadi pusat teknologi global, dengan raksasa internet China Tencent dan titan telekomunikasi Huawei memilih kota itu untuk markas mereka.

Tingkat kemiskinan di kalangan penduduk pedesaan turun menjadi 3,1 persen tahun lalu dari 97,5 persen 40 tahun lalu.[]

Selengkapnya simak di sini:
Headline: Keajaiban China! 

Jokowi juga  mengungkap strategi ke depan dalam menekan defisit perdagangan dan defisit transaksi berjalan,
Jokowi: Pemerintah Mati-matian Turunkan Defisit Necara Perdagangan

Jokowi juga mengungkap strategi ke depan dalam menekan defisit perdagangan dan defisit transaksi berjalan,

ARDI ALI | Minggu, 14 April 2019 - 12:35 WIB

CALON presiden petahana Jokowi Widodo mengungkapkan h selama ini sudah mati-matian" dalam mengupayakan penurunan defisit perdagangan dan transaksi berjalan (current account defisit/ CAD) Indonesia.

"Data terbaru yang harus saya sampaikan ke Bapak [Prabowo Subianto], tahun 2018 memang ada defisit delapan miliar dolar AS. Kuartal I tahun 2019 ini defisit turun 0,67 miliar dolar AS. Usaha kita mati-matian turunkan defisit," kata Jokowi dalam debat kelima Pemilu Presiden 2019 di Jakarta, Sabtu malam, 13 April 2019.

Strategi ke depan dalam menekan defisit perdagangan dan defisit transaksi berjalan, kata Jokowi, adalah dengan melakukan produksi untuk substitusi barang impor dan menggenjot produktivitas domestik terutama di bidang minyak dan gas.

"Sektor energi, industri harus dibangun di Indonesia karena terbesar impor kita di situ [sektor energi]. Minyak dan gas dengan membangun kilang [pemurnian], ke depan saya yakin defisit bisa dikurangi," ujar calon presiden petahana itu.

Menurut Jokowi, industrialisasi menjadi upaya penting guna menekan besarnya impor yang membebani defisit perdagangan dan defisit transaksi berjalan. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah pengendalian ekspor bahan mentah sumber daya alam.

"Pembatasan tiap ekspor dengan SDA [sumber daya alam] harus pakai LC [letter of credit], agar tidak terjadi 'transfer pricing' antara kita dengan pembeli di luar," kata Jokowi.

Debat kelima Pemilu Presiden 2019 merupakan debat pamungkas sekaligus akan menutup seluruh rangkaian debat yang telah dimulai sejak Januari 2019.[]

Prabowo mengatakan sudah terbukti bahwa Indonesia sudah menyimpang dari cita-cita pendiri bangsa.
Debat Capres Kelima, Prabowo: Negara Kita Salah Arah, Tak Produksi Apa-apa

Prabowo mengatakan sudah terbukti bahwa Indonesia sudah menyimpang dari cita-cita pendiri bangsa.

ARDI ALI | Sabtu, 13 April 2019 - 20:46 WIB

CALON Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan negara Indonesia sedang berjalan pada arah yang salah dan menyimpang dari cita-cita pendiri bangsa. 

Hal itu disampaikan Prabowo yang mendapat kesempatan pertama berbicara dalam debat kelima Capres-Cawapres 2019 yang berlangsug di Hotel Sultan di Jakarta, Sabtu malam, 13 April 2019. 

"Kami berpandangan bangsa kita sekarang ini dan sudah berjalan lama berada dalam arah yang salah. Arah ini kalau diteruskan tidak akan memungkinkan membawa kesejahteraan yang sebenarnya bagi bangsa Indonesia," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan sudah terbukti bahwa Indonesia sudah menyimpang dari cita-cita pendiri bangsa. 

"Dalam UUD 1945 sangat jelas rancang bangun ekonomi kita. Sangat jelas bahwa kita tidak bisa membiarkan kekayaan nasional mengalir ke luar negeri," tambah Prabowo. 

Prabowo menambahkan, pemerintah sekarang mengakui hal itu. 

“Telah terjadi deindustrialisasi, sekarang bangsa Indonesia tidak produksi apa-apa. Kita hanya bisa menerima bahan produksi dari bangsa lain. ini keliru, ini harus diubah. Prabowo Sandi mempunyai strategi untuk mengubahnya,” kata Prabowo tanpa menjabarkan  strategi dimaksud[]

Bagaimana kedua capres menjamin partisipasi perempuan untuk berkontribusi terhadap perekonomian?
Pandangan Dua Capres Soal Pemberdayaan Ekonomi Perempuan 

Bagaimana kedua capres menjamin partisipasi perempuan untuk berkontribusi terhadap perekonomian?

ARDI ALI | Selasa, 16 April 2019 - 13:00 WIB

SALAH satu pertanyaan yang muncul dalam debat capres terakhir pada Sabtu malam, 13 April 2019, adalah tentang bagaimana kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden meningkatkan partisipasi perempuan sehingga berkontribusi terhadap perekonomian. 

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengatakan dirinya selama empat tahun terakhir telah meluncurkan program membina ekonomi keluarga sejahtera yang disebut Mekaar. Program ini, kata Jokowi, membantu kaum perempuan yang tidak memiliki modal untuk membuka dan mengembangkan usaha. 

Saat ini nasabah Mekaar sudah mencapai 4,2 juta nasabah, dan ditargetkan mencapai 10 juta nasabah.

"Kami memiliki program Mekaar dari PNM sudah tahun ini 4,2 juta nasabahnya targetnya sekarang Rp 10 juta," kata dia.

Jokowi menuturkan, ada pendampingan juga terhadap nasabah yang sudah berjalan empat tahun ini. Adapun pinjaman yang diberikan sekitar Rp 2 juta-Rp 3 juta. "Kalau lebih dari Rp 10 juta ini untuk KUR dengan bunga 7 persen," ujar dia.

Selain itu, ada juga program pembiayaan ultra mikro (UMi) untuk membantu ekonomi masyarakat.

“Berkaitan dengan UMi selama 1,5 thn ada 1,1 juta nasabah. Ultra mikro lebih kecil lagi. apabila jalan ini sudah koreksi sehingga wanita bisa produktif. Bank wakaf juga sama, hampir 90 persen nasabahnya,” kata dia.

Selain itu, calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin menambahkan, saat ini ada kredit usaha mikro dan bank wakaf mikro di pesantren untuk membantu masyarakat terutama perempuan. Ini diharapkan dapat membantu ekonomi dan memberdayakan perempuan.

"Bahkan sudah beribu-ribu ibu merasa tertolong, merasa bangga. Bukan hanya cita-cita. Akan kami teruskan kembangkan di desa-desa. Kami akan ciptakan namanya itu dewi dan dedi. Dewi itu desa wisata. Dan dedi itu yaitu desa digital," tutur dia.

Ma'ruf juga menekankan pentingnya kesetaraan gender di bidang ekonomi, politik, dan pemerintahan. 

Calon Presiden nomor urot 02 Prabowo Subianto mengatakan partisipasi perempuan sangat penting dan sudah sangat menonjol. Ia memberi contoh peran kaum emak-emak dalam Pemilu kali 

"Dengan peran yang begitu besar, pasti kebijakan-kebijakan benar-benar mencerminkan kepentingan mereka," kata Prabowo.

Calon Wapres Sandiaga Uno menambahkan, pihaknya mengedepankan program yang mendukung perkembangan iklim bisnis bagi perempuan di Indonesia. Katanya, ia menyiapkan tujuh langkah strategis dalam membantu perempuan memulai bisnis.

Program itu diantaranya lain pendataan perempuan yang selama ini menjadi tulang punggung ekonomi, pelatihan kerja berjenjang bagi perempuan, melakukan pendampingan usaha, mempermudah perizinan bisnis melalui  One Kecamatan One Center of Entrepreneurship (OK OCE), mendukung adanya administrasi keuangan, memberi akses permodalan bagi perempuan, hingga membantu pemasaran barang yang dihasilkan dari para pelaku usaha perempuan.

"Kami akan ikat dengan pendampingan karena 80% dari kegagalan perempuan yang terjun ke bisnis tidak memiliki mentor," kata Sandi.[]