Galeri Foto Pertambangan Emas Ilegal di Kebun Sawit Bulungan


BIZLAW.ID

SUDAH bertahun-tahun para penambang liar melakukan penambangan emas di dalam lahan perkebunan sawit milik PT Bulungan Surya Mas Pratama yang merupakan perusahaan dengan katagori Penanaman Modal Asing (PMA). 

Sudah bertahun-tahun pula tak ada solusi untuk menyelesaikan masalah itu. Jumlah penambang terus bertambah. Menggali lubang-lubang untuk mencari emas di antara tanaman sawit.  Bahkan, ketika ada korban nyawa karena kecelakaan di lubang tambang, aktivitas pertambangan terus berlanjut. 

Perkebunan seluas 4000 hektare ini berada di Sekatak, Bulungan, Kalimantan Utara. Pengelola perkebunan dan pegawai di sana tak ada yang bersedia memberi penjelasan mengenai tambang emas ilegal ini.

Aktivitas penambangan emas ilegal ini sangat terang benderang. Pemandangan dari atas tampak sangat banyak tenda-tenda warna biru yang merangsek ke dalam perkebunan sawit ini. Sebagian besar pohon sawit dirubuhkan dan terbakar. Ada juga alat berat merangsek dengan menggali tanah yang mengandung emas. Lubang-lubang dengan kedalaman hingga 23 meter yang digali penambang juga sangat banyak di kawasan ini. 

Sampai kapan ini dbiarkan?