Pola gerak harga saham Freeport terlihat sangat sehat dan menarik dalam tinjauan teknikal.

Debat pamungkas calon Presiden RI akhirnya telah usai digelar. Saham Freeport kembali menjadi sal;ah satu topik hangatnya. Sementara dalam debat sebelumnya, saham Freeport juga mendapatkan perhatian,  disinggungnya kembali dalam debat pamungkas kali ini menunjukkan betapa tema pengambil alihan saham PT Freeport sangat “seksi” bagi publik pemilih di Indonesia.

Oleh karenanya, berikut kembali disajikan analisis teknikal terkini pergerakan harga saham Freeport di bursa Wall Street, di mana telah menampakkan gerak naik yang berlanjut dalam beberapa pekan sesi perdagangan terakhir. Terkini, harga saham Freeport telah terhenti di kisaran $13,7 dan sempat mencapai titik termahalnya di kisaran $13,98. Untuk lebih ringkasnya, berikut kembali disajikan grafik harian terkini saham Freeport yang diperdagangkan dengan kode FCX ini:

Sepanjang tahun ini, pola gerak harga saham Freeport yang diperdagangkan dengan kode FCX, terlihat telah  tiga kali membentuk tren penguatan jangka menengah sebagaimana terlihat pada grafik di atas. Pertama pada sesi 11 Januari dan yang kedua pada sesi 15 Februari lalu, serta yang ketiga pada sesi 3 April lalu. Kedua tren penguatan yang terbentuk terlihat cukup solid dan berhasil mengangkat harga saham FCX lebih tinggi meski kemudian terkoreksi kembali.

Dalam tinjauan teknikal, pola gerak serta pembentukan tren beli yang terjadi terlihat sangat wajar dan mematuhi kaidah teknikal, di mana sebelum berbalik melakukan gerak koreksi, pola gerak harga saham FCX terlihat mengalami terlebih dulu kejenuhan tren. Ini adalah situasi yang khas pada  saham-saham dengan reputasi dan kredibilitas yang mengesankan.

Aspek teknikal lain yang perlu ditekankan dari grafik di atas adalah sejak sesi perdagangan 8 Maret lalu saham Freeport terlihat telah memasuki fase ketiadaan tren yang berlanjut hingga sesi perdagangan akhir pekan lalu.  Sementara sejak sesi  3 April, saham Freeport kembali berbalik membentuk tren penguatan  jangka menengah yang cukup solid. Ini adalah pertanda bahwa prospek kenaikan harga  lebih lanjut bagi saham Freeport masih sangat besar.

Kecenderungan untuk melanjutkan gerak naik harga saham Freeport dalam beberapa pekan ke depan. Pembentukan tren penguatan pada sesi 3 April lalu terlihat sejalan dan sesuai dengan proyeksi yang dimuat dalam ulasan teknikal beberpa pekan lalu. Ditambah dengan sentimen terkini di pasar global yang masih positif, gerak naik lanjutan harga saham Freeport terlihat menjadi keniscayaan.  Hal ini terlebih biola melihat jarak yang terentang antara titik P-Sar dengan garis MA-Signal yang memperlihatkan belum terjadinya tanda-tanda kompresi.

Jadi kembali disinggungya saham Freeport dalam debat capres, tidaklah terlalu  aneh karena tren penguatan yang telah terbentuk tentu akan semakin  menjadi perhatian investor, selain juga publik yang menikmati debat  capres.