puncak kejenuhan tren penguatan grafik H4  diperkirakan  terjadi pada 4 candle ke depan atau 16 jam sesi perdagangan awal pekan ini.

Sesi perdagangan akhir pekan lalu menunjukkan, sentimen dari rilis data perdagangan internasional China yang memukau. Akibatnya, sejumlah mata uang negara  yang menjadikan China sebagai mitra perekonomian terpentingnya menjadi terangkat  menguat signifikan. Salah satunya adalah Dolar Australia. Mata uang yang akrab disapa Aussie itu, pada sesi perdagangan kemarin membukukan penguatan cukup tajam, berkat rilis data perdagangan internasional China yang mengejutkan.

Sementara gerak nilai tukar mata uang Yen masih cenderung melemah, maka pola grafik menarik muncul pada nilai tukar mata uang Dolar Australia terhadap Yen Jepang yang disimbolkan AUDJPY. Melemahnya Yen Jepang di satu sisi dan melonjaknya Aussie di sisi lainnya telah membuat gerak AUDJPY melompat fantastis sdalam sesi perdagangan akhir pekan lalu. 

Pada grafik harian, AUDJPY terpantau telah membentuk tren penguatan jangkja menengah pada sesi perdagangan Rabu pekan lalu (10/4). Sementara pada grafik H4, tren penguatan akhirnya kembali terbentuk pada Jumat (12/4) dini hari waktu Indonesia barat.  Untuk dicatat, pada grafik H4 sebelumnya telah membentuk tren penguatan jangka pendek sejak sesi 1 April namun kemudian terseret ke fase ketiadaan tren  pada 8 Apil lalu.  Kini, dengan telah terbentuknya tren penguatan di grafik harian dan H4 secara hampir bersamaan, membuat investor perlu menerapkan strategi trading yang berbeda untuk menangguk profit dari AUDJPY.

Grafik H4 terkini berikut akan memberikan bantuan penting bagi investor yang sedang mengincar AUDJPY:  

Satu-satunya strategi yang tepat untuk situasi teknikal yang tertera pada grafik di atas adalah dengan mengurangi target profit sebagai akibat dari telah terbentuknya tren penguatan pada grafik harian.  Tren penguatan yang terbentuk pada grafik H4 di atas, sesungguhnya kini telah berada di ambang pembentukan kejenuhan, hingga gerak balik penurunan rentan untuk segera terjadi.  Namun investor untuk kali ini tidak bisa berharap terjadi penurunan terlalu besar, mengingat pada grafik harian, tren penguatan jangka menengah telah terbentuk. Melalui  kalkulasi sederhana, puncak kejenuhan tren penguatan grafik H4  diperkirakan  terjadi pada 4 candle ke depan atau 16 jam sesi perdagangan awal pekan ini.

Sekalipun puncak kejenuhan tren penguatan belum menjamin bahwa gerak balik penurunan segera terjadi, namun bisa dimengerti bahwa tekanan beli telah mulai habis. Aksi short dalam situasi demikian menjadi pilihan yang sangat menguntungkan. Namun sekali lagi, investor perlu mempertimbangkan lebih masak kombinasi analisa pada grafik harian yang telah membentuk tren penguatan jangka menengah. Penurunan target profit menjadi tidak terelakkan,  besaran target profit 2 kali besaran range optimum sudah cukup besar untuk situasi teknikal demikian. Untuk dicatat, besaran range optimum grafik H4 AUDJPY saat ini mencapai 27 pip.  Sedangkan target short ideal kali ini terlihat  berada di sekitaran 81,3 (berdasar grafik harian), namun titik tertinggi yang tercapai pada sesi akahir pekan lalu di 80,47 sudah cukup memadai.

Setiap gerak turun yang terjadi  pada grafik harian akan menciptakan gerak pullback, di mana justru  investor kini berpeluang meraup untung dengan melakukan aksi long. Target Long ideal kali ini ada di posisi  79,27 yang diperoleh dari posisi titik P-Sar ditambah dengan 1 kali besaran trange optimum di grafik harian.

Happy Trading.