sejumlah indikator teknikal terkini justru masih menunjukkan tren jual di grafik harian yang masih cukup solid.

Dalam ulasan yang dimuat lebih dari 10 hari lalu, gerak harga saham PT Matahari Department Store Tbk., yang diperdagangkan dengan kode LPPF diperkirakan mengalami puncak kejenuhan tren jual 6 hari berikutnya, namun hingga kini tren jual saham LPPF terlihat masih cukup solid. Polla seperti ini adalah wajar mengingat pole pergerakan harga saham LPPF terlihat mengalami perubahan.

Pada sesi perdagangan hari ini, harga saham LPPF secara mengejutkan melakukan kenaikan curam hingga 7,25% untjuk berakhir di Rp3.700 per lembarnya. Sementara saat ulasan 10 hari lalu, harga LPPF tercatat di kisaran Rp3.670 per lembar. Situasi seperti ini memang telah membuka peluang lebar bahwa titik terendah harga LPPF telah terjadi. Namun jangan salah, sejumlah indikator teknikal terkini justru masih menunjukkan tren jual di grafik harian yang masih cukup solid.

Situasi teknikal terkini justru membuka peluang analisis bahwa gerak harga mungkin akan turun lebih jauh dengan terkonsolidasi terlebih dulu sebagaimana terlihat dalam sepekan sesi perdagangan terakhir.  Untuk menilai bahwa tren jual grafik harian masih cukip solid, berikut disajikan kembali grafik terkini saham LPPF:

 

Kompresi antara titik P-Sar dengan garis MA-Signal kini terlihat termentahkan akibat perubahan pola gerak harga yang terjadi dalam beberapa hari sesi terakhir. Kompresi yang termentahkan ini membuat tidak lagi bisa memperkirakan kapan kejenuhan tren jual akan mencapai puncaknya. Setidaknya masih membutuhkan waktu sepekan ke depan untuk bisa memperkirakan puncak kejenuhan tren jual.  Selama belum terjadinya mkompresi yang meyakinkan, gerak turun harga bisa menembus level berapa pun tanpa bisa diperkirakan.

Oleh karenanya, melakukan aksi akumulasi dalam situasi demikian masih cukup berisiko. Sementara kenaikan tajam yang  terjadi di sesi hari ini, tak lebih sekedar mencerminkan konsekuensi teknikal jangka pendek, di mana mungkin saja akan kembali turun lebih dalam.  Investor yang berminat dengan saham LPPF dengan demikian mesti bersabar kembali untuk melakukan aksi beli. Syarat untuk memasuki saham ini yang paling mungkin di jangka pendek adalah dengan melakukan analisis pada grafik H4.

Bila grafik di atas dirinci dalam H4, tren beli jangka pendek akan terbentuk bila harga saham LPPF mampu bergerak konsisten di atas kisaran Rp3.900 per lembarnya dalam tiga hari sesi perdagangan.  Investor mesti ditekankan bahwa  kalkulasi ini hanya sebatas jangka pendek, di mana bila pun terjadi mesti memeriksa kembali apakah tren beli jangka pendek yang terbentuk cukup solid untuk menyeret grafik harian bertransformasi dalam tren beli.