tren penguatan Yuan di grafik harian akan segera berakhir dalam beberapa jam ke depan.

Kabar kali ini akan menjadi kabar yang sangat buruk bagi Presiden AS Donald Trump. Di tengah upaya keras untuk melakukan kompromi  dalam perundingan dagang dengan China, gerak nilai tukar mata uang Yuan kini terlihat telah bersiap untuk terus melemah dalam tinjauan teknikal. Untuk diingat, pelemahan nilai tukar mata uang China, Yuan merupakan salah satu “musuh” terbesar Trump dalam menangguk simpati publik di mana tahun depan Trump mesti bersiap menghadapi tantangan yang sengit untuk mempertahankan kursi kepresidenannya.

Pelemahan nilai tukar Yuan, akan dengan mudah tertransformasi menjadi meningkatnya daya saing produk asal China dan pada gilirannya akan semakin mengguritakan defisit perdagangan AS dengan negeri China.  Tentu kabar pelemahan nilai tukar Yuan China yang akan disambut hangat otoritas Beijing justru menjadi mimpi buruk bagi ambisi Trump yang ingin menorehkan kinerja perekonomian mengesankan di tengah kepemimpinannya yang penuh dengan kontroversi.

Grafik harian nilai tukar Yuan berikut tentunya akan menjadi bekal bagi Trump untuk sejenak melipatkan kening dan mungkin akan mempersulit tidur nyenyak nya malam ini:

Tren penguatan Yuan sebagaimana terlihat pada grafik di atas masih berlaku, namun tentangan yang muncul akibat dari gerak naik dalam lebih dari sepekan trakhir telah membuat tren penguatan Yuan menuai tantangan serius dari grafik H4. Bila grafik di atas ditransformasi dalam time frame H4, tren pelemahan Yuan sesungguhnya telah terbentuk pada 1 Maret lalu. Tren pelemahan Yuan terlihat masih bertahan hingga kini di grafik H4, dan terlihat masih jauh untuk membentuk pola kejenuhan tren jual.

Konsekuensinya, sementara pada grafik harian di atas indikator garis MA-Signal telah hampir menembus batas teknikalnya, maka tren penguatan Yuan di grafik harian akan segera berakhir dalam beberapa jam ke depan. Yuan kemudian akan memasuki fase ketiadaan tren, dan bila gerak melemah Yuan masih berlanjut, tren jual Yuan akan dengan mudah terbentuk.

Otoritas Washington kini perlu dengan cermat mengambil serangkaian langkah untuk setidaknya mengulur terbentuknya tren pelemahan jangka menengah, dan bila memungkinkan membatalkan atau mempertahankan Yuan dalam fase ketiadaan tren.  Pemerintahan Trump kini perlu mencermati titik kritis Yuan yang kali ini di kisaran 6,7348, di mana bila Yuan terus meluncur di atas titik kritis tersebut secara konsisten dalam enam hari sesi perdagangan, tren pelemahan Yuan di grafik harian akan terbentuk dengan cukup solid.

So Mr President Trump, please observe this chart carefully.