Foto-Foto Evakuasi Korban Ambruknya Tambang Emas Liar di Bolmong


ARDI ALI/Berbagai sumber

PERTAMBANGAN emas tanpa izin di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, mengalami longsor pada Selasa malam, 26 Februari 2019, sekitar pukul 23.00 WITA. Akibatnya, hingga Rabu pagi, sejumlah orang dilaporkan meninggal, sedangkan puluhan lainnya diperkirakan masih tertimbun longsoran.

Kasubag Humas Polres Kotamobagu AKP Rusdin Zima, pada Rabu pagi menjelang siang mengatakan ada empat orang meninggal dunia. 

"Iya benar, sudah ada empat orang yang ditemukan telah meninggal dunia. Satu orang atas nama Rifai Mamonto usia 39 tahun, sementara tiga orang lainnya belum terindetifikasi," kata Rusdin. 

Namun, Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan hingga Rabu siang, dua orang dinyatakan meninggal dunia. Korban meninggal terbaru dievakuasi pukul 13.30 WITA. 

"Hingga 27/2/2019 pukul 14.00 Wita korban longsor tambang emas di Desa Bakan Kec Lolayan Kab Bolaang Mongondow: Pada pukul 13.30 Wita berhasil dievakuasi 1 orang dalam kondisi meninggal dunia sehingga korban yanf telah dievakuasi menjadi 16 orang: 2 orang tewas & 14 orang selamat," tulis Sutopo di akun Twitternya. 

Sebelumnya, Sutopo mengatakan peristiwa itu disebabkan oleh patahnya tiang dan papan penyangga lubang galian yang dikeruk. Kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian ditengarai sebagai pemicunya. 

Berikut foto-foto evakuasi yang dirangkum dari sejumlah sumber setelah ambruknya lubang pertambangan emas liar di Desa Bakan itu.[]